Monday 17 November 2008

Esay Raetharia Harnett, Hufflepuff

KUTUKAN TAK TERMAAFKAN
Oleh :
Raeritharia Hartnett
Hufflepuff tahun ke 4


I. Definisi Ilmu Hitam
Ilmu Hitam adalah salah satu cabang ilmu sihir yang memiliki banyak sekali cabang, seperti ramuan, mantra, benda, dan juga makhluknya. Disebut ilmu hitam karena kebanyakan dari cabangnya merupakan sesuatu yang berbahaya, terutama kalau dipakai untuk suatu tujuan jahat tertentu. Walaupun demikian, ilmu hitam dapat juga bermanfaat dalam hal perlindungan dari lawan, walaupun termasuk tindakan yang illegal.

Meskipun illegal, di Hogwarts, sekolah kita tercinta ini, mengajarkan ilmu tentang ilmu hitam ini agar para siswa siswinya dapat belajar bagaimana caranya melindungi diri mereka sendiri dalam keadaan terdesak dan bagaimana cara mengatasi Makhluk Sihir Hitam. Bahkan ada juga sekolah seperti Drumstrang yang memang mempelajari Ilmu Hitam.

II. Mantra Ilmu Hitam
Mantra Ilmu Hitam disebut juga sebagai kutukan sihir hitam yang dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penyerangan yang tak hanya menyerang dan merusak fisik sang target, tapi juga psikisnya. Oleh sebab begitu bahayanya kutukan-kutukan ini, maka tak aneh jikalau Kementrian Sihir begitu melarang para komunitas penyihir untuk menggunakan sihir hitam, catat satu hal, kecuali Auror yang sedang menjalankan tugasnya. Yeah, maka tak aneh juga kalau profesi Auror memang sangat diminati kebanyakan komunitas sihir, walau tingkat kematian Auror bisa dikategorikan tinggi.

Berikut ini adalah contoh-contoh kutukan hitam : Horcrux atau mantra untuk membelah jiwa penyihir ke dalam benda yang dijadikan Horcrux. Untuk membuatnya, si penyihir harus membunuh satu orang terlebih dahulu; Fiendfyre, kutukan berbentuk api dan menyerupai makhluk-makluk gaib seperti Naga dan tak dapat dihapus hanya dengan mantra Aguamentri. Hanya saja, keuntungannya, kutukan ini dapat menghancurkan Horcrux; Mantra Inferius untuk membangkitkan orang yang telah mati, namun dalam kontrol si pelafal mantra; Morsmorde untuk membangkitkan tanda kegelapan di udara; Perification mantra untuk membuat korban membatu selamanya. Hilang kalau si korban meninggal dan hanya dapat disembuhkan oleh akar Mandrake; Antonin Dolohov dapat menimbulkan luka yang teramat serius dan dapat menimbulkan kerusakan pada bagian organ-organ tubuh si korban apabila si korban semakin berteriak keras; dan yang terakhir dan tak terbayang.

III. Kutukan Tak Termaafkan
Diantara kutukan-kutukan itu, ada tiga macam kutukan yang paling berbahaya dan disebut dengan nama Kutukan Tak Termaafkan. Apa itu Kutukan Tak Termaafkan? Kutukan tak termaafkan adalah tiga mantra paling kuat di dunia sihir dan merupakan salah satu alat dalam Ilmu Hitam. Setelah menggunakan tiga Kutukan Tak Termaafkan ini, si pelafal mantra sudah seharusnya mendekam seumur hidup di Azkaban, kecuali Auror, terutama pada saat perang sihir yang pertama.

Kutukan Tak Termaafkan memang memiliki efek yang sangat besar, hanya saja untuk menggunakannya, harus ada kemampuan dan juga tenaga yang seimbang, yaitu sama besarnya dengan efek Kutukan Tak Termaafkan tersebut.

Tiga Kutukan Tak Termaafkan itu adalah :
a. Avada Kedavra
Mantra yang satu ini dapat menyebabkan kematian seketika pada sang korban tanpa meninggalkan sedikitpun jejak. Warna cahaya yang meluncur dari tongkat si pelafal adalah hijau terang dan efeknya tentu saja tak seindah apa yang terlihat, yaitu kerusakan seketika pada organ tubuh vital. Berasal dari Archaic Sanskrit yang berarti “Dari hidup ke mati,” berkebalikan dengan mantra “Abra Kadabra” yang berarti “Dari mati ke hidup”.

b. Crucio (Kutukan Cruciatus)
Mantra ini menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat. Bahkan konon dapat menyebabkan kerusakan mental permanen.

c. Imperio (Kutukan Imperio)
Mantra dimana si pelafal dapat mengontrol penuh si korban, dan setelah mantra dilepaskan, si korban dapat saja kehilangan jiwanya. Untuk melepaskannya memang mungkin, hanya saja, kemungkinannya sangat kecil dan membutuhkan tenaga yang benar-benar besar yang dapat melakukannya.

IV. Kesimpulan
Kutukan Tak Termaafkan adalah tiga yang terkuat dari mantra-mantra Ilmu Hitam. Tak seharusnya kita menggunakan mantra tersebut, kecuali kalau dalam keadaan terdesak dan memang kita sudah siap dengan segala konsekuensinya.

No comments: