Monday 17 November 2008

Esay Mikan Takashima, Hufflepuff,

Nama / Kelas : Mikan Takashima / 3
Asrama : Hufflepuff
Tahun ajaran : 1977-1979

ESSAY TENTANG MAKHLUK HITAM


Sebelum saya menjelaskan tentang makhluk hitam, saya akan menjelaskan terlebih dahulu definisi dari Ilmu Hitam itu sendiri. Ilmu Hitam adalah sebuah ilmu sihir abadi dan tidak dapat dikontrol yang bersifat jahat dan seringkali digunakan untuk tujuan kejahatan. Namun kekuatan ilmu hitam itu sendiri sebenarnya lemah, tapi karena si penyihir tersebut mempunyai dendam, atau rasa benci yang tinggi, sehingga tak bisa mengontrol Ilmu HItam itu dan membuat kekuatan Ilmu Hitam menjadi bertambah besar. Beberapa penyihir telah melakukan sebuah eksperimen terhadap Ilmu Hitam dan menciptakan efek-efek yang dapat merugikan orang dimantrai, seperti menimbulkan luka permanen pada orang yang terkena mantra tersebut, dan merusak jiwa--menjadi gila dan raga--cacat permanen. Penggunaan sihir sebenarnya adalah perbuatan yang ilegal. Karena itulah sekolah-sekolah sihir seperti Hogwarts sendiri mengajarkan PTIH yang mempraktekkan cara-cara untuk melindungi diri dari makhluk kegelapan.

SATWA GAIB KEGELAPAN
Satwa gaib kegelapan adalah makhluk kegelapan yang mempunyai akal dan pikiran layaknya manusia dan mereka menggunakan kekuatan kegelapan untuk bertahan hidup. Mereka tinggal dan berkembang biak di tempat paling kotor dan menjijikan dan tempat yang paling gelap.
Contoh :

1. Gryndilow
Gryndilow atau monster air bertanduk berwarna hijau pucat, terdapat di danau-danau seluruh Inggris dan Irlandia. Mereka hidup dari ikan-ikan kecil dan bersikap agresif terhadap penyihir maupun Muggle, meski manusia duyung telah menjinakkan mereka. Gryndilow mempunyai jari-jari panjang yang bisa mencengkram sangat kuat, namun mudah patah.

2. Kappa
Kappa adalah monster aor dari jepang yang tinggal di kolam dan sungai dangkal. Sering kali tampak seperti monyet bersisik ikan, dan bukan berbulu. Kappa mwmpunyai lubang di bagian atas kepalanya untuk membawa air. Kappa meminum darah manusia tapi bisa dibujuk untuk tidak melukai seseorang apabila dilempari ketimun dengan nama orang itu terukir di kulit buahnya. Saat berhadapan, penyihir gharus melancarkan tipu muslihat agar Kappa membungkukkan badan--dengan begitu air yang ada dikepalanya akan tumpah dan melenyapkan segenap kekuatannya.

3. Redcap
Makhluk mirip kurcaci ini hidup dilubang-lubang bekas peperangan atau dimanapun darah manusia pernah tumpah. Meski mudah bisa ditolak dengan mantra dan jampi-jampi, mereka sangat berbahaya bagi Muggle yang sedang sendirian, karena pada malam-malam yang gelap mereka mencoba memukulinya dengan gada sampai Muggle itu mati. Red Cap kebanyakan terdapat di Eropa Utara.

4. Vampir/Drakula (setengah manusia)
Kenapa Vampir/Drakula termasuk kedalam makhluk hitam? Karena menurut saya, selain mereka tidak bisa hidup dibawah sinar matahari--atau disebut juga makhluk malam, mereka juga sangat berbahaya bagi manusia disekitar mereka. Mereka merupakan makhluk penghisap darah yang sangat terkenal didaratan Eropa untuk Drakula, dan China dan sekitarnya (Asia Timur) untuk Vampir. Mereka tidak bisa hidup dibawah sinar matahari karena selain kulit mereka sangat sensitif juga sinar matahari merupakan salah satu cara untuk membunuh Vampir dan Drakula. Vampir hanya dapat dibunuh dengan cara membawanya kebawah sinar matahari atau dengan cara meledakannya. Tapi Vampir bisa kita hentikan dengan cara menempelkan kertas yang bertuliskan mantra didahi mereka. Sedangkan untuk Drakula lain. Drakula tidak dapat dihentikan selain dengan cara menusukan kayu tajam kedalam jantungnya.

5. Manusia Serigala (setengah manusia)
manusia serigala atau Werewolf terdapat di seluruh unia, walaupun dipercaya berasal dari Eropa Utara. Manusia berubah menjadi Werewolf hanya bila terkena gigitannya. Obatnya tidak diketahui, namun perkembangan baru-baru ini dalam pembuatan ramuan berhasil meredakan gejala yang paling buruk. Sekali sebulan, ketika purnama, penyihir atau Muggle yang telah terkena gigitan--yang biasanya normal dan waras, berubah menjadi hewan pembunuh berdarah dingin. Werewolf hampir menjadi satu-satunya makhluk yang mengincar manusia secara aktif. Karena manusialah yang mereka sukai dibandingkan dengan mangsa-mangsa yang lainnya.

6. Boggart
Boggart adalah pengubah-bentuk, dia bisa berubah menjadi bentuk apa saja yang dia pikir paling menakutkan bagi kita. Boggart menyukai temapt-tempat tempat-tempat tertutup yang gelap, lemari pakaian, kolong tempat tidur, lemari perabot dan temapt gelap dan sempit lainnya. Boggart yang masih berada di dalam tempat yang gelap belum mempunyai bentuk, karena dia belum tahu apa yang membuat seseorang takut. Banyak anak Muggle yang menyebut mereka dengan sebutan 'Monster dibawah tempat tidur'. Boggart dapat ditaklukkan dengan tekad yang kuat dan mantra riddikulus.

7. Dementor
Ini merupakan salah satu makhluk hitam yang paling menakutkan. Tidak hanya rupanya yang memang sepertinya ditakdirkan untuk menjadi makhluk kegelapan namun senjata terampuhnya pun dimanfaatkan dan dipercaya oleh Kementrian untuk menjaga Azkaban. Dan ternyata itu merupakan gagasan yang bagus karena terbukti belum ada yang pernah kabur dari Azkaban sebelumnya. Muggle tidak bisa melihat Dementor. Dementor memakai jubah abu-abu kusam bertudung yang menutupi rupanya. Dementor bagaikan pencabut nyawa, menyisap kenangan-kenangan yang indah dan rasa senang [emosi positif] yang ada didalam tubuh kita. Dan jika itu terjadi, maka kita akan ditinggalkan dengan kekosongan dan kehampaan dan juga pengalaman/kenangan terburuk didalam hidupmu. Selain itu, mereka juga dapat menyerap kekuatan sihir yang ada didalam diri kita apabila kita terlalu lama berada didekatnya. Senjata terakhir dan terkejam yang dipunyai oleh Dementor adalah 'Kecupan Dementor'. Dementor membuka tudung mereka dan dan mengisap jiwa, meninggalkan raga yang kosong, tetap hidup namun seperti mayat hidup, hampa.

8. Basilisk
Herpo yang Keji, Penyihir Yunani yang juga seorang Palsemouth telah melakukan banyak eksperimen menemukan bahwa telur ayam yang dierami seekor katak akan menetaskan seekor ular raksasa yang memiliki kekuatan yang amat berbahaya. Basilik adalah ular berawarna hijau terang yang panjang bisa mencapai 15 meter. Basilik jantan memiliki bulu-bulu merah tua di kepalanya. Taring hewan ini sangatlah berbisa, namun alat serangnya yang paling berbahaya adalah tatapan mata besarnya yang berwarna kuning. Siapapun yang menatap mata itu akan mati mendadak. Bila sumber makanannya cukup (Hewan ini memakan semua jenis mamalia, burung, dan reptil), ular ini bisa mencapai umur yang panjang, dan dipercaya bisa mendekati umur 900 tahun. Pembiakkan Basilik dinyatakan melanggar hukum sejak Abad Pertengahan.

9. Lethifolds.
(Disebut juga Jubah Hidup) Lethifolds adalah makhluk langka yang hanya terdapat di daerah beriklim tropis. Wujudnya menyerupai jubah hitam dengan ketebalan mencapai 1,25 cm yang meluncur di tanah pada malam hari. Patronus adalah satu-satunya mantra yang diketahui bisa menolak Lethifolds. Meskipun demikian, karena makhluk itu umumnya menyerang mareka yang sedang tidur, dan hanya sedikit calon korban yang mempunyai kesempatan menggunakan mantra apapun untuk melawannya. Bagitu mangsa-mangsanya berhasil dibuat lemas, Lethifold mencernanya saat itu juga di tempat tidur mereka.

Dan beberapa contoh lainnya yang tidak bisa saya jelaskan secara detail :
10. Hag (setengah manusia)
11. Banshee
12. Hinkypunk

No comments: