Monday 17 November 2008

Esay Leopard Winxton, Slytherin

DARK ARTS
Oleh : Leopard Xaverius Winxton, Tahun Pertama, Slytherin


I. Pengertian

Ilmu hitam adalah sebuah cabang ilmu sihir yang didominasi kejahatan dalam setiap pergerakannya. Dalam hal ini, penyihir yang beraliran hitam biasanya berpenampilan aneh, penutup, dan terkadang mereka terdiri dari para penyihir yang berpribadi introvert. Dalam Seni Ilmu Hitam, setiap penyihir yang memilih opsi ini diharuskan memiliki kekuatan yang lebih dari sekedar penyihir biasa, karena, memang pada faktanya, mantra-mantra hitam memerlukan energi yang lebih dalam penghasilannya. Mengutip kalimat seorang pujangga Muggle yang terkenal pada abad ke-18, Gilbert Andeline, bahwa sesungguh sangat menyenangkan menjadi orang jahat, karena orang jahat itu memiliki kekuatan. Secara garis besar, penulis setuju dengan pendapat Gilbert Andeline dan inilah yang mendasari penulis untuk ikut menyimpulkan bahwa dalam proses pencapaian level tertentu dalam ilmu hitam, para penyihir beraliran hitam diwajibkan memiliki kekuatan yang lebih.

II. Keuntungan dan Kerugian

Dilihat dari namanya, dapat diidentifikasi bahwa ilmu hitam nyaris sama sekali tidak memiliki keuntungan yang positif bagi komunitas sihir yang luas. Karena, ilmu hitam biasanya hanya menguntungkan satu invidu atau golongan tertentu saja, untuk mencapai satu tujuan yang telah direncanakan bersama. Dengan kekuatan yang mereka miliki, biasanya mereka berambisi menaklukkan dunia dan menerapkan visi yang telah mereka rencanakan seperti : satu tuhan, satu aliran dan satu penguasa. Mereka tak segan saling bunuh dengan tangan mereka sendiri, membuat banyak jiwa tak berdosa harus rela menjadi korban pengaplikasian ilmu yang mereka pupuk dari lama.

II. Sejarah Perkembangan

Sepanjang Sejarah Sihir, dikenal seorang Salazar Slytherin yang merupakan salah satu dari empat pendiri Hogwarts yang berpotensi sangat besar menjadi penyihir beraliran hitam. Tak lepas dari pribadi Lord Salazar sendiri, semua penyihir Slytherin dipukul rata memiliki pribadi yang jahat, cerdik, angkuh dan ambisius (serta, menurut opini sebagian orang, penyihir yang seperti itulah yang sangat berpotensi menjadi penyihir hitam). Itu semua terbukti dari--saat ini--begitu banyak alumnus Slytherin yang notabene bersifat seperti yang disebutkan di atas, yang tercatat sebagai seorang penyihir hitam.

Tahun 1945, seorang penyihir bernama Gellert Grindelwald nyaris berhasil menguasai dunia dengan kekuatan hitam yang dimiliki. Buku Kejatuhan dan Kebangkitan Sihir Hitam menuliskan bahwa Gellert--dengan kekuatan yang dia miliki berambisi membuat dunia ini berada dalam genggamannya. Tapi, disaat Grindelwald tengah berada di puncak kejayaannya, seorang penyihir dari pihak putih, Albus Dumbledore datang dan terjadilah duel legendaris yang meluluhlantakkan niat Grindelwald untuk menjadi seorang penguasa dunia. Yeah, Dumbledore yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah Sihir Hogwarts-lah yang berhasil mengirimkan Grindelwald ke akhir hidupnya.

Nama Grindelwald pantas terkenal. Dalam Daftar Penyihir Hitam Paling Berbahaya Sepanjang Masa, Grindelwald mungkin telah tergeser dari tempat pertamanya dengan kemunculan Dia-Yang-Namanya-Tidak-Boleh-Disebut yang menjadi otak dari semua teror yang telah dan tengah terjadi saat-saat ini. Seorang penyihir yang mengikrarkan diri sebagai Dia-Yang-Namanya-Tidak-Boleh-Disebut telah keluar dari peradabannya dan mulai menunjukkan aksi konfrontasinya pada dunia sihir putih. Dark Lord--begitu juga orang menyebutnya, memiliki ambisi yang kurang lebih sama dengan ambisi yang meluap di dada Grindelwald : membuat dunia berada dalam genggaman mereka. Saat ini, disinyalir Dark Lord tengah membangun manuvernya yang biasa disebut dengan 'Pelahap Maut' dan telah terjadi beberapa kali penyerangan besar yang disebabkan oleh antek Dark Lord ini yang membuat nyawa tak bersalah meregang. Seperti yang dituliskan Hogwarts Tattler halaman sekian, bahwa ada tiga orang murid Hogwarts yang meninggal saat kunjungan pertama mereka ke Hogsmeade (satu-satunya desa nonmuggle se-Britania Raya) dan semua karena ulah para Pelahap Maut. Sejarahnya, tentu tak akan pernah selesai. Penulis percaya bahwa seiring berjalannya waktu akan terus bermunculan bibit-bibit baru yang akan meneruskan jejak pendahulunya di ilmu hitam.

III. Mantra-mantra Hitam

Dalam Seni Ilmu Hitam, dikenal beberapa mantra yang tergolong dalam 'Mantra Hitam' karena presentase 'dampak positif dari mantra ini besifat resesif dari pada dampak buruknya yang lebih dominan. Ada juga yang menetapkan mantra hitam berdasarkan seberapa bahaya mantra ini terhadap kelangsungan hidup para penyihir. Sampai saat ini, diketahui ada tiga mantra hitam terbesar dan akan mendapatkan sanksi yang sangat kuat jika ada yang berani memakainya, yaitu :

a. Cruciatus Curse

Cruciatus Curse adalah kutukan penyiksa, dimana korban akan disiksa melalui kekuatan sihir penyiksa. Mantra yang berbunyi Crucio ini akan membuat korban serasa dihujam ribuan es dan sakit yang teramat sangat (membuatnya berpikir kalau mati saja jauh lebih baik dari pada mengalami siksaan panjang dengan mantra ini). Indikasi dari kutukan ini juga beragam. Tapi yang jelas, kutukan ini aan bisa merusak jaringan saraf hingga penyihir bisa menjadi gila, atau bahkan menyebabkan kematian terhadap penggunaan yang berlebihan.

b. Imperius Curse

Imperius Curse adalah kutukan yang memungkinkan perapalnya membuat korban menjadi manekin untuknya. Mantra yang berbunyi 'Imperio' ini, begitu menghantam tubuh korban, akan membuat korban langsung trans, dengan mata yang kosong dan semua ingatannya hilang. Tubuhnya dan pikirannya bukan lagi miliknya, tapi sudah sepenuhnya menjadi milik tuannya. Biasanya, orang yang berada dibawah kutukan imperius, sering menunjukkan gelagat aneh, mata dan cara bicara yang tidak fokus dan lain-lain.

c. Killing Curse

Avada Kedavra. Tak ada pilihan lain, eh? Hanya satu kata : mati.

IV. Makhluk-makhluk Hitam

Selain Mantra, juga terdapat banyak makhluk-makhluk yang berhubungan dengan ilmu hitam. Makhluk-makhluk ini seringkali merugikan bahkan mencelakai penyihir. Dalam esay kali ini, penulis hanya akan menyebutkan tiga (3) saja dari sekian banyak Dark Creatures yang bisa diangkat. Diantaranya :

1. Banshee

Banshee berwujud perempuan berwajah sangat jelek dan menyeramkan yang merugikan penyihir lewat nyanyian paraunya. Nyanyian Banshee ini bisa memekakkan telinga dan jika didengar terus-menerus, penyihir akan menjadi bingung dan bisa mati karena tak tahan dengan nyanyian yang semakin lama semakin membuat gendangtelinga berdenging. Banshee datang ke rumah penyihir dan memberitahukan jika akan ada salah satu anggota keluarga penyihir itu yang akan meninggal dalam waktu dekat. Cara penanganan Banshee : bisa dirapalkan mantra Silencio untuk menghentikan nyanyiannya dan beberapa mantra pertahanan dasar untuk melenyapkannya.

2. Kappa

Kappa adalah monster air dari Jepang yang tinggal di kolam dan sungai dangkal. Sering kali tampak seperti monyet bersisik ikan, dan bukan berbulu, Kappa mempunyai kubang di bagian atas kepalanya untuk membawa air. Kappa minum darah manusia tapi bisa dibujuk untuk tidak melukai seseorang bila dilempari timun dengan nama orang itu terukir di kulit buahnya. Saat berhadapan, penyihir harus melancarkan tipu muslihat agar Kappa membungkukkan badan dengan begitu, air yang ada di lubang kepalanya akan tumpah dan melenyapkan seluruh kekuatannya.

3. Kelpie

Moster air dari Inggris dan Irlandia ini bentuknya beragam, namun paling sering muncul sebagai sosok kuda dengan tanaman air blurush menutupi kepalanya sehingga membentuk surai. Dengan memikat orang-orang yang tidak waspada akan menungganginya, Kelpie akan menyelam langsung ke dasar sungai atau danau, dan melahap penunggangnya, membiarkan isi perutnya mengambang di permukaan. Cara yang benar menghadapi Kelpie adalah dengan mengekang kepalanya dengan Mantra Penempatan, yang menjadikannya lebih ramah dan jinak. Kelpie terbesar di dunia ditemukan di Loch Ness Skotlandia, yang sering tampil dalam wujud kesukaannya yaitu Sea Serpent (Ular Laut). Para pengamat dari Konfederasi Sihir Internasional tahu mereka tidak sedang berhadapan dengan Ular Laut saat mereka melihat sosok ular itu berubah menjadi berang-berang ketika sekelompok penyelidik Muggle mendekat, lalu berubah menjadi Ular Laut lagi ketika suasana sudah sepi.

V. Benda Ilmu Hitam

Benda ilmu hitam adalah benda yang bisa menimbulkan kekuatan gelap dari dalamnya dan tergolong berbahaya. Barang ini bisa berupa apa saja dan biasanya sudah dimantrai agar menjadi berbahaya seketika disentuh atau dijamah orang lain sehingga membahayakan, bahkan bisa membunuh. Contohnya banyak sekali. Bisa berupa kalung yang sudah disihir, cincin yang sudah dikutuk, dan lain-lain.

VI. Ramuan Ilmu Hitam

Tidak semua ramuan bermanfaan positif bagi kehidupan sihir. Ada beberapa ramuan yang tergolong dalam 'ramuan berbahaya' dan mendekati ke arah ilmu hitam. Ramuan ini biasanya sering kali digunakan penyihir hitam untuk melaksanakan aksinya dan karena itulah image yang terpancar bahwa ramuan ini adalah ramuan hitam. Contohnya Ramuan Polijus yang memungkinkan peminumnya berubah menjadi orang lain. Santer terdengar bahwa saat-saat ini Ramuan Polijus tengah menjadi trend baru di kalangan manuver Dark Lord yang menikmati permainan mereka dengan topeng lain. Ramuan Cinta atau Amortentia juga bisa digolongkan ke dalam ramuan hitam karena efeknya yang sangat berbahaya. Ramuan Cinta sepenuhnya merusak sel saraf korban dan membalikkannya dengan paksa seratus delapan puluh derajat. Karena efeknya yang sangat berbahaya, ramuan ini juga tergolong dalam ramuan hitam.

VII. Kesimpulan dan Penutup

Kesimpulan :
1. Ilmu hitam adalah sebuah cabang ilmu sihir yang didominasi kejahatan dalam setiap pergerakannya
2. Ilmu hitam adalah ilmu yang sangat berbahaya yang bisa menimbulkan banyak korban
3. Mantra hitam terbesar dan paling berbahaya : Cruciatus Curse, Imperius Curse dan Killing Curse
4. Selain itu, ada juga makhluk hitam yang sering merugikan penyihir. Contohnya : Banshee, Kappa dan Kelpie
5. Ada juga benda-benda yang berhubungan dengan ilmu hitam. Contohnya : kalung yang sudah dimantrai, cincin yang sudah dikutuk, dan lain-lain
6. Ramuan ada juga yang menunjak akhi ilmu hitam, contohnya : Ramuan Polijus dan Ramuan Cinta yang dikategorikan sebagai ramuan hitam karena kontraindikasi mereka yang sangat berbahaya.

VIII. Referensi
Trimble, Quentin. Kekuatan Gelap : Penuntun Perlindungan Diri
Slinkhard, Wilbert. Teori Pertahanan Sihir
Scamander, Newt. Fantastic Beast and Where to Find Them
Switch, Emeric. Kejatuhan dan Kebangkitan Sihir Hitam

No comments: