Tuesday 18 November 2008

Esay Ivy Alexey Robson, Ravenclaw

What is Dark Art Actually Mean?
Essay by Ivonette Alexey Mineola Robson, Rabenclue Ravenclaw


I. Pembukaan

Pertahanan Terhadap Sihir Hitam seringkali disebut PTIH oleh teman-teman saya termasuk di salah satunya teman sekamar saya, Barbara Grutaz. Dan sebutan inilah yang sempat membuat saya dipusingkan. Sampai saya nyasar dalam pelajaran menuju ke kelas pertama. Tidak bisa disalahkan juga sih, karena dasar otak saya saja yang lemot. Sampai akhirnya saya menemukan pengertiannya sendiri setelah melihat judul buku Pertahanan Terhadap Sihir Hitam saya, dan saya baru menyadari kalau saya harus lebih memperdalam pelajaran sastra Inggris saya terutama dalam penggunaan antonim atau singkatan. Jadi pertama-tama, saya ucapkan maaf sebesar-besarnya.

Jadi, sebenarnya apa itu PTIH? PTIH adalah pelajaran yang mempelajari tentang pertahanan diri terhadap sihir hitam. Dalam hal ini, biasanya pertahanan tersebut menggunakan berbagai macam mantra yang dirapalkan sambil mengacungkan tongkat. Yang dilawan cukup beragam, yang dapat dikategorikan sihir hitam. Nah, essay saya ini akan membahas tentang, apa sebenarnya sihir hitam itu dan berbagai jenisnya serta beberapa contoh juga. Selamat membaca.

II. Pengertian

Apa yang dimaksud dengan Dark Art yang dalam bahasa Indonesia*nya disebut Sihir Hitam? Dark Art atau sihir hitam adalah salah satu cabang ilmu sihir yang lebih condong ke sisi kegelapan bahkan tak jarang digunakan untuk menyakiti seseorang atau melakukan kejahatan. Karena itu dalam dongeng-dongeng manusia-tanpa-daya-sihir, sering juga disebut dengan sihir jahat. Penyihir yang mendalami cabang sihir ini disebut penyihir hitam. Dalam sihir semacam ini, tidak hanya berbagai macam mantra kutukan yang terkategorikan, tetapi juga berbagai makhluk-makhluk berbahaya yang dalam buku Fantastic Beast and Where to Find Them karangan Newt Scamander diberikan nilai XXX ke atas yang bisa mempengaruhi perasaan manusia. Yang ini seringkali disebut dark creature.

III. Jenis

Dark art dikategorikan dalam beberapa jenis. Kali ini saya akan bahas dua di antaranya yaitu Dark Spells dan Dark Creature. Contoh dark spells atau kutukan adalah Tiga Kutukan Tak Termaafkan. Untuk membahas ini, saya membutuhkan teks book untuk tahun ketiga dan kesaksian dari beberapa senior yang katanya telah melihat langsung penggunaan beberapa mantra dari tiga mantra ini.

1. Avada Kedavra
Kutukan tak termaafkan satu. Yang ini menyebabkan orang yang dikutuk (alias terkutuk) langsung meninggal di tempat. Ruhnya akan tertarik keluar meninggalkan tubuhnya tanpa ampun dan tanpa rasa. Mantra yang sangat berbahaya mengingat apabila seseorang dimantrai dengan mantra ini dia tak memiliki kesempatan lagi untuk bertahan. Sungguh malang.

2. Cruciatus (Crucio)
Kutukan tak termaafkan dua. Kutukan ini menyebabkan seseorang merasakan sakit luar biasa dari ujung rambut hingga ujung kaki, membuat dada sesak, membuat badan sulit bergerak, membuat jantung susah berdetak, dan membuat rambut menjadi pitak. Keterangan ini saya dapatkan setelah mewawancarai beberapa senior yang mengaku pernah dikutuk dengan kutukan ini (dan saya bersumpah tidak akan berurusan dengan kutukan ini sama sekali. Amin).

3. Imperius (Imperio)
Kutukan tak termaafkan tiga. Kutukan ini akan menghilangkan kesadaran orang terkutuk (istilah ini agak kurang enak, Prof. Tapi... Maafkanlah saya) dan memberi kesempatan pengutuk untuk mengontrol pikirannya. Pengutuk bisa saja meminta agar terkutuk (sumpah Profesor. Saya tidak bermaksud...) melakukan berbagai hal di luar akal pikiran manusia, seperti tertawa tanpa henti, berdansa samba, sampai membunuh orang atau bahkan membunuh dirinya sendiri (ini juga saya dapat dari kesaksian beberapa Senior yang mengaku telah menjadi saksi mata kejadian itu. "Itu adegan paling buruk yang pernah kulihat," aku Senior berinisial R. B. T., siswa tahun keempat yang juga telah terkena mantra cruciatus). Salah satu mantra yang bisa membuat seseorang dapat menguasai dunia juga.

Selanjutnya saya akan membahas tentang Dark Creature atau makhluk kegelapan. Berikut beberapa jenis makhluk kegelapan yang bisa saya rangkum menjadi satu tulisan. Agar adil, saya akan membahas tiga macam makhluk juga.

1. Werewolf / Manusia Srigala
Werewolf adalah manusia yang dikutuk menjadi serigala hanya di setiap malam bulan purnama. Selebihnya, mereka akan tetap berwujud manusia biasa yang tak pernah lepas dari khilaf. Dikategorikan demikian karena bahayanya saat menjadi manusia serigala saja. Katanya, ramuan untuk menahan manusia serigala agar tidak berubah di malam purnamanya sedang dikembangkan. Yah, kita hanya bisa berdoa agar ramuannya cepat dipublikasikan. Amin.

2. Banshee
Banshee mengabari kematian, bersosok sebagai seorang wanita buruk rupa (tak jarang cantik juga) yang rambutnya amat sangat panjang sekali sampai menyapu lantai dan akan menyanyikan lagu kematian di bawah jendela kamar. Menakutkan? Sangat. Banshee mengenakan pakaian putih panjang dan menangis pilu beberapa hari sebelum seorang anggota keluarga akan meninggal, membuat perasaan takut, sedih, dan merana memenuhi dada saat suaranya yang sopran melengking mengganggu telinga kita. Sungguh salah satu mimpi buruk yang tak akan berhenti menakuti kalau kita tak hati-hati.

3. Boggart
Makluk tanpa bentuk, tapi memiliki kemampuan sebagai copycat dan membaca ketakutan seorang manusia. Setelah makhluk ini melompat keluar dari persembunyiannya (biasanya di dalam lemari kecil atau laci meja tak terpakai), Boggart akan melompat dalam bentuk ketakutan terbesar seseorang. Membuat orang yang akan mengusirnya terpaku karena ketakutan. Tetapi mengalahkannya tak begitu sulit. Yang sulit hanyalah mengendalikan ketakutan agar bisa memusatkan perhatian pada perapalan mantra yang benar untuk menghilangkannya.

IV. Kesimpulan

And the conclusion is, sihir hitam adalah salah satu jenis sihir yang tak akan pernah saya pelajari. Doakan saya, Profesor.

V. Referensi

-Kekuatan Gelap: Penuntun Perlindungan Diri oleh Quentin Trimble
-The Monster Book Of Monster oleh anonim
-Fantastic Beast and Where to Find Them oleh Newt Scamander

VI. Index

Indonesia adalah suatu negara di Asia Tenggara yang sekarang masih sering dianggap perlu dijajah. Padahal negaranya bagus lho, Prof. Saya sarankan nanti Anda ke salah satu pulaunya, Bali, sesekali. Eh, jangan deh. Nanti Anda bisa dijual karena Bali sentranya lukisan dan seni. Maaf ya, Prof.

No comments: